Tulisan

  • Kepala Sekolah SDN Pesantren 2014-Sekarang
  • Drumband
  • Paduan Suara
  • Pianika

Sabtu, 08 Juni 2013

Pondok pesantren darul hadits al-fiyusy memberikan fasilitas berupa asrama tempat tinggal, makan, dan minum secara gratis

Sekilas tentang pondok pesantren
Darul Hadits Al-Fiyusy

Pondok pesantren darul hadits al-fiyusy merupakan salah satu pondok pesantren ahlus sunnah terbesar di dunia, memiliki banyak sekali santri, baik santri berasal dari yaman maupun dari luar yaman, beberapa santri asing mereka berdatangan dari banyak negara, diantara mereka datang dari Indonesia,  Somalia, Prancis, Belanda, Inggris, Belgia, Tajikistan, Canada, Kenya, Ethiopia, Nigeria, Sudan, Aljazair, Libya, dan Maroco dan lain-lain. Sampai saat ini santri asing yang paling banyak berasal dari indonesia jumlah mereka lebih dari 140 santri, walhamdulillah.

Konsep belajar di pondok pesantren darul hadits Al-Fiyusy
Bagi santri yang bujang / tidak membawa keluarga, pondok pesantren darul hadits al-fiyusy memberikan fasilitas berupa asrama tempat tinggal, makan, dan minum secara gratis, jika datang iedul fitri maupun iedul adha biasanya pondok memberi santunan uang buku kepada setiap santri, pondok pesantren darul hadits al-fiyusy juga memberi kesempatan kepada semua santri yang ingin mendalami ilmu agama, tidak dipersyaratkan harus menguasai cabang ilmu tertentu dari ilmu agama, bahkan pintu terbuka lebar bagi santri asing yang masih baru belajar bahasa arab, atau baru saja mengenal baca tulis arab, santri dibebaskan mengikuti setiap pelajaran yang dibuka, pelajaran yang dibuka pun beraneka ragam, dari tingkat yang paling dasar sampai tingkat lanjut.
Bagi santri yang membawa keluarga, di lingkungan pondok pesantren darul hadits fiousy terdapat banyak rumah-rumah yang dikontrakkan, karena pondok tidak menyediakan tempat tinggal bagi yang berkeluarga, sehingga makan dan minum menjadi tanggungan pribadi, biaya kontrak rumah antara Rp. 700 ribu sampai Rp.1juta per bulan. Jika ada rejeki biasanya pondok memberi santunan kepada setiap kepala rumah tangga per bulan sekitar Rp. 500 ribu juga terkadang memberi santunan berupa bahan-bahan pokok semisal beras, tepung, kurma, kacang-kacangan. Namun santunan tersebut tidaklah rutin ada setiap bulan, toh lapangan pekerjaan cukup banyak di lingkungan sekitar pondok, bagi santri berkeluarga yang ingin belajar sekaligus bersodaqoh dengan memberi nafkah kepada keluarga.
Beberapa Ulama dan para Ustadz pengajar di pondok pesantren darul hadits al-fiyusy :
Asy-Syaikh Al Faqih Abdurrahman bin Umar Al-Mar’i
Asy-Syaikh Abul Abbas Yasin Al-Adeni
Asy-Syaikh Ahmad Arbas
Al-Ustadz Ahmad Al-Qodasi (mustafid ilmu hadits)
Al-Ustadz Abas Jauna (mustafid qowaid fiqh)
Al-Ustadz Muhammad Al-Qudsi (mustafid ilmu hadits)
Al-Ustadz Abul Khotob Al-Libiy (mustafid fiqh dan aqidah)
Al-Ustadz Anis Al-Yafi’I (mustafid lughoh dan faroid)
Al-Ustadz Majdi Al-Askari (mustafid qur’an qiro’ah sab’ah)
Al-Ustadz Solah Kentus (mustafid ushul fiqh)
Dan masih banyak yang lainnya…

Beberapa bidang ilmu agama yang diajarkan
di pondok pesantren darul hadits al-fiyusy

Bidang-bidang ilmu agama secara keseluruhan diajarkan di pondok pesantren darul hadits fiousy, landasan pokok yang diajarkan adalah seluruh ajaran agama yang sesuai dengan sunnah rasulullah dan bimbingan salafush shalih, pondok pesantren darul hadits fiousy sangat menjunjung tinggi ajaran sunnah rasulullah dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari, diantara bidang-bidang ilmu yang diajarkan di pondok pesantren darul hadits fiousy adalah,
Tauhid
Ilmu Hadits
Ilmu Fiqih (Ushul dan Qowaid)
Ilmu Faroid (perhitungan waris)
Ilmu Al-Quran
Tajwid
Qiro’ah
Ilmu Bahasa Arab
Adab dan Akhlak

Tidak ada komentar: